Senin, 22 Oktober 2012

fasilitas internet

Fasilitas Internet

18 Aug
Fasilitas fasilitas yang ada di internet adalah sebagai berikut :
1. www (world wide web)
Web dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi yang berupa teks, gambar, video, suara, (multimedia) dan lain-lain. Untuk mengakses sebuah web, harus menggunakan program browser seperti internet exploler dan opera.
2. E-mail (Electronic Mail)
E-mail adalah surat elektronik, dimana proses pengiriman dan penerimaan  surat dilakukan secara elektronik. Pesan yang dikirimkan melalui e-mail akan sampai ke alamat tujuan, hanya dalam beberapa menit saja, meskipun jaraknya jauh. Sebuah pesan e-mail dapat dikirim ke beberapa alamat tujuan, dalam waktu yang bersamaan.
Jenis-jenis e-mail :
- Web Based Mail
Web based mail biasanya bersifat gratis, diakses menggunakan browser. Pada saat membaca dan menulis pesan harus dalam keadaan online.
- Pop Mail
Pop mail ada yang bersifat gratis dan membayar, diakses menggunakan e-mail client. Pada saat membaca dan menulis pesan dapat dalam keadaan offline. Keadaan online hanya pada saat mengirim atau menerima pesan.
3. Search Engine
Search engine adalah mesin pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword). Beberapa search engine yang dapat digunakan antar lain Google, Yahoo, Alvista, Wisenut, Alltheweb, Looksmart, HotBot dan lain-lain.
4. IRC (Internet Relay Chat)
IRC adalah fasilitas yang digunakan untuk bercakap-cakap (chatting) antar pengguna internet. Dengan IRC, pengguna internet seluruh dunia dapat berkomunikasi melalui tempat pertemuan virtual (chat room).
5. Mailing List
Mailing list adalah fasilitas forum diskusi menggunakan e-mail. Forum diskusi mailing list ada bermacam-macam, seperti forum yang membahas pendidikan, kesehatan, bisnis, dan lain-lain
6. Video Conference
Video conference adalah fasilitas di internet yang dapat berbicara, sekaligus melihat lawan bicara secara langsung di layar monitor. Untuk menggunakan fasilitas video conference dibutuhkan perangkat tambahan, seperti kamera (web cam), mikropon, speaker atau earphone, dan program video conference misalnya CU-SeeMe.
7. FTP (File Transfer Protokol)
FTP merupakan protokol yang digunakan untuk mentrasfer file antar komputer dalam internet. FTP dapat digunakan untuk mengirim atau menerima file seperti program, teks, gambar, suara, video dan lain-lain. Proses mentransfer file disebut download dan upload. Program aplikasi untuk FTP antara lain CuteFTP, LeechFTP, dan Coffecup free FTP (Tim Edukom 2007:9-18).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar