Jumat, 23 November 2012

membuat email pada web mail dan email client sesuai prosedur

membuat email ,web mail ,serta email client sesuai prosedur

21 Nov

Cara membuat email gratis di Gmail.com

  1. Buka Gmail.com, di bagian pojok kanan atas ada tulisan create account atau buat email langsung klik saja.
  2. Tulisa data diri Anda secara lengkap dan jangan gunakan keterangan palsu karena nanti akan berguna saat Anda merecovery alamat email ini. Karena saat ini email sudah dilengkapi dengan sistem otomatis yang melakukan suspend sementara terhadap akun yang tidak pernah dilogin. Untuk membukanya Anda harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomer hp atau akun email Anda yang lain.
  3. Gunakan password atau sandi yang mudah di ingat. Kalau perlu satu sandi untuk semua alamat email yang Anda miliki.
  4. Carilah alamat email yang masih tersedia dan memiliki jumlah karakter huruf yang masih pendek, bisa dengna kombinasi angka.
  5. “Alamat email Anda saat ini” kalau tidak punya bisa dikosongi
  6. centang, saya menyetujui persyaratan dan layanan ….. klik langkah berikutnya
  7. Jika tidak ingin menambahkan foto klik langkah berikutnya
  8. Lanjutkan ke GMail
  9. Selesai, mudah bukan ?
Kenapa Gmail ? Karena menurut pengalaman saya, Gmail merupakan layanan email gratis terbaik dan paling mudah digunakan. Catatlah alamat email dan password ditempat yang aman agar tidak lupa. Email ini bisa difungsikan sebagai alat bantu mendaftar di sosial media seperti facebook dan twitter. Bila Anda lupa password disalah satu media sosial tersebut bisa menggunakan email ini untuk menerima konfirmasi data password tersebut. Ada pengalaman dari teman saya sendiri, dia lupa password facebook dan juga lupa alamat emailnya. Kalau sudah begini ikhlaskan saja akun facebook tersebut. Semoga Cara membuat email diatas bermanfaat bagi kita semua.
Webmail adalah layanan yang email yang diberikan perusahaan jasa web hosting kepada customer. Webmail sangat berbeda dengan email gratisan lainnya semacam gmail, ymail, hotmail. Karena jika anda menggunakan webmail maka alamat email anda akan menjadi. nama_anda@namadomain.com .
Webmail sangat diperlukan bagi pemilik website agar terkesan lebih prestige dibanding menggunakan email gratisan.
Cara membuat webmail dan mengaktifkan Webmail.
Untuk menggunakan webmail anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu caranya adalah dengan membuatnya terlebih dahulu melalui cpanel hosting anda. kemudian klik shotcut icon webmail untuk membuat webmail dan isi username dan password yang anda inginkan dan akhiri dengan klik save.
Cara menggunakan webmail
Ketikan pada url browser anda http//namadomain.tld/webmail (namadomain.tld adalah nama domain anda) masukan username dan password yang telah anda buat ( namauser@domain.com ) dan passwordnya.
Ketika pertama kali anda login di webmail maka akan dihadapkan pada pilihan beberapa software email dan anda harus memilih software apa yang ingin anda gunakan sebagai alat email.
Bagi Anda yang lebih suka membuka email cpanel melalui Email Client seperti Mozilla thunderbird, berikut ini panduan cara settingnya.
  1. Buat akun email pada cPanel anda. Caranya bisa ditemukan pada URL berikut: http://klikhost.com/membuat-akun-email-di-cpanel/
  2. Download software Thunderbird di https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/. Lalu instal.
  3. Buka aplikasi Thunderbird. Lalu lihat ke atas, ke menu Tools > Account Settings.
  4. Pada jendela Account Setting, pilih menu Account Actions > Add mail account.
  5. Isi form “your name” dengan nama Anda. “Email address” dan “Password” dengan alamat email lengkap yang telah anda buat pada langkah 1. Centang “remember password”. Kemudian klik Continue.
  6. Thunderbird akan secara otomatis mengkonfigurasi setting incoming server email anda. Setelah proses konfigurasi selesai, Anda bisa memilih antara IMAP dan POP3. Pilih POP3 jika Anda ingin menyimpan email di komputer. Tekan tombol “manual config”. Pada username, ganti dengan format alamat+domainanda.com (tanda “@” diganti dengan “+”;) .  Misal : admin+klikhost.com. Lalu tekan tombol “Create Account”.
  7. Klik OK. Setting telah selesai. Silakan mencoba untuk mengirim dan menerima email melalui Thunderbird tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar